.

AKPER Mappa Oudang Gelar Pelatihan BTCLS

Rabu, 2 Oktober 2019 12:41:06 - oleh : webmaster

MAKASSAR, akpermappaoudang.ac.id – Mahasiswa AKPER Mappa Oudang Makassar dilatih penanganan pasien yang mengalami kondisi gawat darurat dan mendesak diberikan pertolongan pertama. Pelatihan diperuntukkan bagi mahasiswa/mahasiswi yang akan menempuh program Diploma III Keperawatan. Dalam kegiatan itu AKPER Mappa Oudang Makassar bekerja sama dengan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia  (HIBGABI) Sulawesi Selatan. 

 

Koordinator Tim Kursus BTCLS Sulawesi Selatan, Burhan, pertolongan pertama pasien dengan kondisi gawat darurat harus dilakukan mereka yang memilik kemampuan. Masyarakat umum sebaiknya jangan memberikan pertolongan pertama jika tidak memahaminya.

 

‘’Misalkan terjadi kecelakaan dan korban mengalami luka parah, warga yang melihat peristiwa itu, sebaiknya segera menghubungi puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sebab mereka tidak mengetahui persis luka yang diderita dan pertolongan apa yang harus dilakukan,’’ kata dia di sela-sela kegiatan Pelatihan BTCLS yang digelar di Hotel Phinisi, Kamis (1/8).

 

Dirinya tidak melarang warga untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban yang mengalami kecelakaan. Namun, lebih baik jika menghubungi petugas medis yang lebih memahami dan bisa melihat kondisi korban. 

 

‘’Sering kali warga ketika memberikan pertolongan, tidak memahami teknik memindahkan tubuh korban kecelakaan ke tempat yang aman. Sebab tidak menutup kemungkinan korban mengalami patah leher dan bisa berakibat lebih fatal,’’ terangnya.

 

Ketua panitia, Burhan, mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari, mulai 1 – 4 Agustus. Pelatihan itu untuk membekali mahasiswa supaya mampu meningkatkan bagaimana menangangi pasien dalam kondisi gawat darurat. ‘’Peserta sebanyak 70 orang dari AKPER Mappa Oudang Makassar,’’ kata dia.


Direktur AKPER Mappa Oudang Makassar, Ns. Dardin, S.Kep, M.Kep, menambahkan, pelatihan untuk meningkatkan soft skill. Sehingga ketika sudah lulus dari pendidikan, bisa menjadi perawat yang profesional dan memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya. ‘’Saya berharap ketika lulus, peserta didik kami sudah siap bekerja dimana mereka dibutuhkan,’’ jelasnya.

Berita "Uji Praktek" Lainnya

Terakhir Online

 

Komentar

Info Browser






 

Lokasi Kampus

-->